3 Jenis Tensimeter Dan Penjelasannya

3 Jenis Tensimeter Dan Penjelasannya

Jenis Tensimeter yang ada di pasaran cukup banyak. Namun setidaknya ada 3 macam yang umum kita jumpai yaitu tensimeter jarum (aneroid), tensimeter air raksa (merkuri) dan juga tensimeter digital. Tahukah anda perbedaan masing – masing jenis tensimeter tersebut ? Berikut ini pembahasan singkat mengenai jenis – jenis tensimeter dan penjelasannya.

Tensimeter merupakan alat kesehatan yang berfungsi untuk mengukur tekanan darah, alat ini digunakan oleh perawat di rumah sakit atau bisa juga kita gunakan di rumah sendiri. Untuk anda yang ingin membeli tensimeter, berikut ini pembahasan ringkas mengenai jenis – jenis tensimeter dan penjelasanya.

3 Jenis Tensimeter Dan Penjelasannya

1. Tensimeter Aneroid

Tensimeter aneroid disebut juga dengan tensimeter jarum. Mengapa disebut tensimeter jarum ? Karena tensimeter ini menggunakan manometer berupa jarum. Cara menggunakan tensimeter ini sama dengan tensimeter air raksa. Dan harga tensimeter aneroid bisa dikatakan paling murah diantara jenis alat tensi lainnya. Tensimeter jarum tergolong ke tensimeter manual, karena tidak membutuhkan tenaga listsrik dalam penggunaanya.

2. Tensimeter Air Raksa

Jenis tensimeter yang lainnya yaitu tensimeter air raksa. Yaitu tensimeter jenis manual yang menggunakan manometer berupa tabung dengan zat mercuri (raksa) di dalamnya. Tensimeter ini memanfaatkan prinsip sifat zat raksa sehingga bisa digunakan untuk menunjukkan tekanan dalam tensimeter jenis ini.

3. Tensimeter Digital

jenis tensimeter

Satu jenis yang lain dari dua jenis tensimeter yang sudah kita bahas diatas yaitu tensimeter digital. Tensimeter ini tidak dilengkapi dengan manometer dari tabung air raksa maupun jarum. Namun hasil ditunjukkan dengan display LCD digital secara langsung. Namun alat ini membutuhkan baterai dalam penggunaanya.

Memilih Tensimeter Sesuai Kebutuhan

Anda yang kebetulan membutuhkan alat tensimeter untuk keperluan pribadi, bisa pilih diantara ketiga jenis tensimeter tersebut. Jika anda ingin yang simple dan praktis bisa pilih jenis tensi digital. Namun harganya sedikit lebih mahal dari tensimeter manual. Jika anda memilih harga tensimeter yang lebih murah, anda bisa pilih tensi manual namun konsekuensinya, anda harus belajar cara menggunakannya. Anda bisa beli tensimeter di toko alat kesehatan di dekat rumah anda atau bisa membeli secra online di distributor alat kesehatan yang beralamat di www.gloryamedica.com. Sekian, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *