Rayap Sawit Hama Paling Mengganggu

Rayap Sawit Hama Paling Mengganggu

Rayap adalah hewan perusak yang dianggap sebagai hama yang menyulitkan dan bisa menyebabkan kerugian. Baik itu dalam bidang bangunan atau dari sektor perkebunan dan pertanian karena mereka memakan material kayu yang mungkin saja sangat bermanfaat bagi manusia. Di dalam sektor pertanian dan perkebunan sendiri rayap ini menjadi salah satu hama yang menyebabkan terhambatnya pertumbuhan tanaman karena menyerang batang dan akar yang juga tentunya akan mempengaruhi hasil panen terutama jika rayap sawit mulai menyerang tanaman sawit yang sudah siap. Tentu akan menjadi kerugian yang amat besar. Untuk membasmi rayap anda harus menggunakan layanan jasa pembasmi rayap terbaik.

Di perkebunan  kelapa sawit sendiri, ada 2 jenis rayap sawit yang paling sering dijumpai yang diantarnya Coptotermes Curvignathus Holmgren dan Macrotermes Gilvus Hagen. Dimana rayap ini dapat saa menyerang akar, batang, dan pelepah daun yang masih hidup dan telah mati. Lahan yang paling rentan terserang rayap ini adalah lahan yang berada di lahan gambut. Sehingga tanaman kelapa sawit yang terletak dilahan gambut sangat beresiko diserang rayap dibandingkan dengan lahan yang lainnya. Serangan ini bisa saja menyebabkan kelapa sawit mati karena bagian yang diserang adalah batang dan karnya sehingga ada kemungkinan membuat tanaman ini tumbang. umumnya mereka menyerang tanaman muda yang masih berusia 3 tahunan pada bagian batang dan akarnya. Untuk pengendalian rayap yang bisa dilakukan pada perebunan kelapa sawit inia adalah, dapat dilakukan dengan tiga taktik yakni pengendalian kimia, non kimia, serta gabungan dari keduanya.

Sehingga untuk penanganan rayap sawit bisa dilakuan dengan cara budidaya dimana bisa dengan menghancurkan sarang rayap dan mematikan ratu rayapnya dan atau menggunakan peredator alami serta tanaman yang mampu menghandel hama ini .sedangkan untuk cara kimia bisa dilakukan dengan baiting dan barrier dengan memanfaatkan dan  menggunakan larutan berbahan aktif  Klorpirifos untuk mematikan seluruh koloninya. Lakukan penyempotan sampai basah sehingga benar-benar mengkontaminasi rayap dan cepat mati. Bekerja sama lah dengan orang yang sudah ahli dalam penanganan hama rayap sehingga tidak menimbulkan rugi yang terlalu signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *