Cara Membuka Usaha Wifi Di Rumah

Cara Membuka Usaha Wifi Di Rumah

Usaha wifi di rumah mungkin menjadi sesuatu yang tidak terbayang di pikiran anda sebelumnya, biasanya kita bisa menikmati wifi di tempat-tempat umum seperti cafe, wifi corner, dan hotel.

Namun kali ini kami akan memberikan panduan bagi anda yang ingin punya usaha wifi di rumah atau yang biasanya sering di sebut usaha rt rw net.

Bagaimana prospek usaha ini? Apakah menguntungkan?

Usaha wifi salah satu jenis usaha yang pesaingnya tidak terlalu banyak, apalagi jika anda membukanya di kampung atau desa yang masih sulit untuk mendapatkan akses internet. Ini bisa menjadi ladang usaha yang menguntungkan bagi anda.

usaha wifi di rumah

Untuk menjalankan usaha ini kita harus menerapkan billing hotspot agar setiap pelanggan yang terhubung akan terputus dari server wifi kita jika masa aktifnya sudah habis, paket-paket wifi bisa anda buat sendiri dan harganya juga bisa ditentukan sendiri, menarik bukan?

Persiapan membuka usaha wifi di rumah

Sekarang kita masuk ke bagian persiapan, apa saja yang anda perlukan untuk membuka usaha rt rw net ini. Syarat wajib yang utama anda harus memiliki koneksi internet unlimited yang nantinya akan kita share kembali ke pelanggan, banyak sekali provider yang bisa kita pakai seperti speedy, indihome, biznet, dan lain-lain.

Silakan sesuaikan provider mana yang bisa mengcover area anda.

Selanjutnya anda perlu perangkat yang namanya Mikrotik, alat ini fungsinya untuk membuat billing hotspot seperti mengatur paket-paket voucher, membuat halaman login / template hotspot , dan lain-lain. Jantungnya server hotspot kita nanti ada pada mikrotik.

Lalu alat yang kedua adalah access point, alat ini berguna untuk menyebar kembali sinyal wifi kita ke pelanggan, karena kita ingin membuka usaha wifi di rumah maka access point yang kita gunakan harus frekuesnsi 2,4 Ghz agar sinyal bisa langsung terhubung ke Hp pelanggan.

Ada banyak sekali jenis access point di pasaran saat ini, anda bisa pilih sesuai budget yang anda miliki contohnya ada merk Tp-link, totolink, Ubiquiti, dan Mikrotik.

Saran saya kalau anda baru mau memulai usaha wifi di rumah silakan beli dulu access point yang murah, nanti ketika sudah mendapatkan banyak pelanggan silakan upgrade ke access point yang lebih mumpuni untuk menampung jumlah pelanggan anda.

Itulah beberapa alat yang harus anda persiapkan untuk memulai usaha wifi di rumah, yang terpenting anda harus belajar setting mikrotik untuk hotspot agar semuanya bisa berjalan dengan lancar.

Untuk tampilan halaman login page mikrotik premium dan responsive silakan gunakan jasa saja, banyak sekali jasa pembuatan template hotspot premium, namun kami merekomendasikan situs www.templatehotspot.com disana anda bisa mendapatkan template hotspot premium dengan harga murah dan desainnya sesuai keinginan kita.